5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesteorl Tinggi

Jika saat ini kadar kolesterol anda tinggi, dan sedang mencari makanan yang sangat bagus untuk membantu menurunkan dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh, anda bisa mencoba mengkonsumsi 5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi sebagai pilihan terbaik untuk anda dalam menormalkan kadar kolesterol.

Sebenarnya, kolesterol sangat dibutuhkan oleh manusia. Kolesterol adalah lemak esensial yang terdapat pada tubuh dan memiliki fungsi dalam membantu tubuh supaya dapat berfungsi dengan baik. Contonya, membantu sel agar tetap sesuai struktur dan membantu kelenjar tubuh dalam memproduksi hormon.

Dampak kolesterol tinggi
Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang mengalami stres atau melakukan kegiatan fisik yang berat. Selain itu, kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Jika tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

Selain itu, risiko penderita juga meningkat jika dia menderita hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh kondisi genetik (keturunan) yang disebut dengan familial hypercholesterolaemia (FH). Kadar kolesterol penderita kondisi ini tetap tinggi meski telah mengonsumsi makanan sehat.

Pertahankan jumlah total kolesterol Anda pada angka normal, yaitu kurang dari 200 mg/dL. Apabila total kolesterol Anda 200-239 mg/dL berarti sudah mendekati batas atas yang mulai berisiko, dan jika sudah di angka 240 mg/dL atau lebih berarti sudah memasuki risiko tinggi.

5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jika kadar kolesterol dalam tubuh anda terlanjur tinggi, anda bisa coba mengkonsumsi 5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, tentunya dallam porsi sewajarnya saja. Berikut ini 5 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesteorl Tinggi :

Kedelai

 Kedelai
 Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat membantu anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga kaya akan serta serta rendah akan kandungan lemak jenuh. Kedelai memiliki kandungan protein nabati yang sangat lengkap yang hampir sama dengan daging. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi kedelai tiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jenis LDL (low density lipoprotein) sebesar 8-10 persen.

 

Apel

 Apel
Mengkonsumsi buah apel yang tidak dikupas kulitnya satu atau dua buah dalam hari dapat membantu anda dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Buah apel diyakini kaya akan kandungan pektin, yaitu serat larut yang bersifat menurunkan LDL dan sangat bagus sekali untuk mebantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, pada kulit aple juga terdapat kandungan antioksidan yang bernama polifenol dan memiliki manfaat dalam memperlambat oksidasi LDL.

 

Tomat

 Tomat
Selain dikenal sangat bagus untuk melawan kanker, kandungan Likopen yang terdapat pada tomat ini juga diyakini sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dipercaya bisa membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebanyak 10 persen.

 

Grapefruit Merah

 Grapefruit merah
Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa grapefruit adalah jeruk bali. Akan tetapi sebenarnya grapefruit dan jeruk bali adalah dua buah yang berbeda. Jika anda memiliki kolesterol tinggi, buah Grapefruit merupakan salah satu yang buah yang bagus untuk anda konsumsi, terutama yang isinya berwarna merah.

Pada Bulir-bulir grapefruit merah terdapat kandungan likopen dan liminoids yang bagus untuk mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, Pektin, serat larut yang terkandung pada grapefruit merah juga turut membantu menurunkan kadar LDL. Sehingga mengonsumsi satu buah grapefruit merah tiap hari selama satu bulan diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol sebanyak 20 persen.

Akan tetapi perlu anda ketahui, apabila saat ini anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang ada hubungannya dengan penyakit jantung, seperti penghambat kanal kalsium dan statin alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi buah ini.

Terung

 Terung
 Terung merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Pada umumnya terung bersifat rendah kalori, serta termasuk jenis sumber serat mudah larut yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

 

 

Selain dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bagus untuk menurunkan kolesterol, mengkombinasikan nya dengan dengan pola makan dan gaya hidup sehat merupakan salah satu langkah terbaik. Jangan pernah anda membiarkan kadar kolesterol berada di atas batas normal agar Anda tetap sehat dan terhindar dari ancaman serangan jantung dan stroke di masa depan.

5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*